Kota Padang

Kegiatan RAKERSAT Ke - VI DPP LSM BARMINDON Sukses

Kegiatan malam keakraban RAKERSAT Ke-VI DPP LSM BARMINDON mendapat antusias dari seluruh lapisan masyarakat Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Padang. Acara yang dihibur dengan Kesenian Irama Minang (KIM) membuat halaman Rumah Gadang dipadati dengan ratusan manusia dan beberapa petinggi media serta organisasi lainnya yang ada di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Pergerakan LSM BARMINDON yang berada dibawah pimpinan Zalmadi Malin Basa, S.Hum memang luar biasa, karena mampu mengangkat marwah dan kekompakan organisasi dari segala lini.

Padang / Andilnews.com – Acara kegiatan Rapat Kerja Pusat (RAKERSAT) Ke – VI Dewan Pengurus Pusat Lembaga Swadaya Masyarakat Barito Minang Indonesia ( DPP LSM BARMINDON ) berjalan dengan sukses dan lancar. Semua ini tidak terlepas dari dukungan seluruh jajaran panitia yang saling kerja sama dan bahu membahu demi terwujudnya penyatuan Visi dan Misi lembaga dalam mencapai arah dan tujuan yang sama yaitu berswadaya membangun masyarakat madani. Hal ini disampaikan oleh Edison Effendi Selaku Ketua Panitia Pelaksana RAKERSAT Ke VI ketika ditemui media saat berada di Gedung Serba Guna Sarik Sakti imbo Tarok Gunung Sarik Jum`at (16/3) kemarin.

Pada kesempatan ini Edison Effendi mengatakan, bahwa pihak panitia juga sangat mengucapkan terima kasih kepada pihak PT Semen Padang dan Bank Nagari yang juga telah ikut memberikan bantuan dan dukungannya dalam kegiatan ini. Sehingga berkat semua dukungan bantuan dan partisipasinya itu mampu mengkat acara kegiatan ini lebih sukses dan lancar.

Acara RAKERSAT Ke-VI merupakan amanah organisasi yang harus dan wajib dilaksanakan dalam setaip periode kepengurusan berjalan. Maka dalam masa kepengurusan masa periode (2017 -2022 ) ini, kegiatan RAKERSAT Ke-IV ini adalah kegiatan pertama yang baru diangkat pengurus sebagaimana  berjalan dan berlangsung saat sekarang ujarnya mengakhiri.

Sementara itu disisi lain perlu juga diketahui bahwa perjalanan LSM BARMINDON sudah lama berbuat untuk masayarakat dalam gerakannya membangun kesejahteraan ekonomi dan pembangunan sumber daya manusia (SDM). Lembaga ini telah lahir sejak tahun 2007 yang silam, sehingga dengan rentang perjalanan usianya LSM ini telah banyak mengadakan kerjasama dalam rangka melatih skill anak putus sekolah dan pengangguran.

Salah satu kegiatan yang diangkat adalah pelatihan menjahit, sablon dan pertukangan yaitu bekerjasama dengan Dispora Provinsi dan Dinas Pendidikan Sumatera Barat. Semua ini disampaikan dalam sambutannya oleh Ketua Umum LSM Barmindon yang di jabat oleh Zalmadi Malin Basa,S.Hum pada acara malam keakraban RAKERSAT Ke-VI sebagaiman berlangsung di Rumah Gadang Komunitas Kampung Adat Rimbo Tarok Pauh XI kemarin.

Lebih lanjut Zalmadi Malin Basa menyampaikan dihadapan ratusan masyarakat dengan jelas, bahwa LSM BARMINDON adalah lembaga organisasi yang bersifat independen. Sehingga dalam rangka menghadapi perhelatan demokrasi Pilkada yang sudah ditabuh ini juga harus bersifat netral dan tidak berpihak kemana-mana. Dan selaku lembaga independen kita harus taat azas itu, jika dilanggar maka konsekuensinya bisa izin operasional yang telah terdaftar resikonya bisa dicabut .

Selanjutnya Ketua Umum LSM BARMINDON ini juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sumbangsih terhadap kelancara kegiatan ini, dimana terutamanya Ketua Dewan Penasehat MiswarJambak, Helmi Moesim, Afrizal yang sangat mendukung kegiatan ini.
Acara kegiatan malam keakraban LSM BARMINDON yang dihadiri beberapa petinggi Media seperti Yendri Naswardi dari Pemimpin Umum Berita Transisi, Syafrizal Buya dari Surat Kabar Wawasan dan Sudirman, S.Sn dari Sigamelang.com serta David Tra Yudha dari Andilnews berjalan dengan meriah ditengah antusias masyarakat yang luar biasa. Disamping itu kegiatan ini juga bersinerji dan dihadiri beberapa pengurus dan anggota organisasi lainnya seperti Karang Taruna, PAC Pemuda Pancasila Kuranji dan PR Pemuda Pancasila se-Kecamatan Kuranji, Paguyuban adat atau silat dan randai berbaur menjadi satu. Semua ini dilakukan dalam mencari arah dan tujuan yang sama yaitu  dalam rangka berbuat sosial dan berswadaya secara positif untuk bangsa dan negara kesatua Republik Indonesia tegasnya mengakhiri.

Menurut para petinggi media dan pengurus organisasi lainnya yang turut hadir pada acara terebut sangat meberi dukungan dan apresiasi yang tinggi pada DPP LSM BARMINDON. Dimana kegiatan malam keakraban RAKERSAT Ke-VI DPP LSM BARMINDON mendapat antusias dari seluruh lapisan masyarakat Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Padang. Acara penutupan RAKERSAT Ke-VI yang dihibur dengan Kesenian Irama Minang (KIM) membuat halaman Rumah Gadang dipadati dengan ratusan manusia dan beberapa kalangan tokoh masyarakat. Paling itdak inilah ujar Yendri dan Syafrizal Buya ketika dikonfirmasi di tempat yang sama dari kalangan petinggi media dan organisasi lainnya yang ada di Kecamatan Kuranji Kota Padang.

Pergerakan LSM BARMINDON yang berada dibawah pimpinan Zalmadi Malin Basa, S.Hum memang luar biasa.Kegaiatannya mampu bersinerji dengan semua pihak elemen lapisan masayarakat dengan tujuan membanguan kebersamaan dan pemerataan serta kontrol sosial. Sehingga dengan kegiata ini mampu mengangkat marwah organisasi secara keseluruhan dalam membangun kekompakan organisasi dari segala lini antar kalangan tokoh masyarakat dari semua pihak ujar salah seorang pengurus PAC Pemuda Pancasila Kuranji yang tidak mau menyebutkan namanya ini.