Kota Padang

Peringati Hari Peduli Sampah, Walikota Canangkan Program 10 Menit Bersih-bersih


Andilnews.com / Padang – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang menggelar apel bersama dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tingkat kota di Jembatan Siti Nurbaya, Muaro, Ahad (4/2). Peserta apel terdiri dari pimpinan lembaga, ormas, perangkat daerah, perguruan tinggi dan sekolah-sekolah Adiwiyata serta 300 orang petugas lapangan kebersihan kecamatan dan kelurahan. Apel bersama diikuti sedikitnya 500 orang ini dipimpin langsung oleh Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah.
Walikota mengatakan, Padang yang sudah menjadi kota bersih dengan memperoleh Adipura harus dipertahankan. Untuk itu, diperlukan sinergi semua pihak dengan bersama-sama peduli kebersihan. “Padang bersih dengan memperoleh Adipura harus kita pertahankan dan jaga bersama, ” kata Walikota.
Mahyeldi mencanangkan pula program bersih-bersih 10 menit. Semua pegawai kantor, baik pemerintah maupun swasta harus melaksanakan peduli kebersihan di kantor masing-masing. “Kita canangkan program10 menit peduli bersih setiap Rabu pagi, ” katanya.
Menurut Mahyeldi, program tersebut guna menghidupkan semangat kepedulian terhadap kebersihan bagi setiap warga. Pada gilirannya nanti akan menjadi budaya bagi warga Kota Padang.
Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional ini juga dicanangkan Tiga Bulan Bebas Sampah (TBBS) di Kota Padang yang dimulai 21 Januari sampai 21 April 2018. Mahyeldi mengharapkan program peduli kebersihan ini agar dilaksanakan sepenuh hati oleh semua unsur masyarakat.
“Kita harapkan masyarakat melaksanakan sepenuh hati untuk mewujudkan Padang yang lebih bersih lagi,” tukasnya.
Pada kesempatan ini, BNI memberikan bantuan sebanyak 1.946 buah tas plastik untuk belanja yang akan dibiasakan penggunaannya pengganti kantong plastik atau kresek. Tas tersebut diserahkan secara simbolis oleh Walikota kepada para petugas kebersihan. Sekaligus meluncurkan kapal pengumpul sampah bantuan BNI dan pemberian penghargaan kepada pelaku usaha yang telah berpartisipasi di bidang kebersihan melalui CSR.
Pada momen itu juga, Walikota mengukuhkan Petugas Kebersihan Kecamatan Kelurahan Tahun 2018.
Hadir dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah Ir. Asnel, Kepala DLH Al Amin, Kepala Dinas Perdagangan Endrizal dan Kepala Bagian Humas Imral Fauzi. (*)