Kota Padang

Penyelesaian Pembangunan Gedung DPRD,Pemprov Sumbar Alokasikan Dana Rp 10 Miliar



Padang / Andilnews.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat mengalokasikan anggaran sebesar Rp10 miliar untuk menyelesaikan pembangunan gedung baru DPRD Sumbar. Anggaran dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumbar tahun 2018.
“Anggaran itu akan diperuntukkan pembangunan tahap akhir gedung berlantai enam tersebut,” kata Sekretaris DPRD Sumbar Raflis.
Menurutnya, pada lantai satu gedung akan diperuntukkan untuk sekretariat DPRD Sumbar. Sementara untuk lantai dua hingga lantai enam khusus dibangun ruangan anggota DPRD Sumbar. “Setiap lantai akan terdiri 15 ruangan yang disediakan untuk anggota dewan provinsi,” kata dia.
Raflis mengatakan pembangunan ruangan anggota dewan ini berdasarkan amanat Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah. “Anggota dewan sebagai pejabat daerah harus memiliki fasilitas yang baik,” kata dia.
Saat ini jumlah anggota DPRD Sumbar sebanyak 65 orang tapi jumlah ruangan yang dibangun lebih banyak. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi penambahan anggota dewan pada periode mendatang.
Ia mengatakan proyek penyelesaian akhir ini akan segera ditenderkan pada bulan Februari dan Maret 2018 sudah mulai dikerjakan. Pembangunan gedung baru DPRD dilakukan karena gedung lama masih banyak kekurangan seperti ruangan rapat dan ruang kerja pegawai sekretariat.
“Saat ini kapasitas ruangan pegawai hanya dapat menampung sebanyak 60 orang sedangkan jumlah pegawai ditambah tenaga kontrak mencapai 150 orang,” kata dia.
Selanjutnya gedung lama akan direhab untuk ruangan khusus badan anggaran, ruangan fraksi yang lebih memadai dan ruangan badan musyawarah.
Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius mengatakan, pengembangan gedung di lingkungan DPRD Sumbar dilakukan karena melihat kebutuhan apalagi saat ini hanya ada tiga ruang rapat.
Perencanaan pembangunan gedung telah ada sejak tahun 2014 sejalan dengan rencana penambahan jumlah anggota dewan. “Dengan adanya kantor baru tentu diharapkan setiap anggota DPRD bisa lebih meningkat,” kata dia.
Adapun fasilitas yang akan tersedia pada gedung baru ini adalah lift, sarana seperti meja, kursi, lemari, dan pendingin ruangan. “Pokoknya tidak akan berbeda dengan ruangan yang lain,” kata dia. (*)
(Visited 3 times, 1 visits today)